ILLUMINA KULTURA

by maradita

Suatu hari sekitar pertengahan tahun 2014, rekan saya Kiki Rizky “Kimung” Soetisna Putri mengirim pesan singkat dan mengajak pergaulan (silahturahmi). Ngobrol hasil ngobrol, ternyata Kimung sedang mentok-mentoknya disertasi. (MUAHAHA!!) *eh kok jahat ya sayah, hihih*

Nah, progres disertasi Kimung mengalami beberapa kendala, terutama mengenai pengumpulan data dan referensi yang dibutuhkan dalam penyusunan disertasinya. Saking banyaknya subject matter, nara sumber, possibilities, dan lokasi-lokasi yang harus dianalisa membuat Kimung kewalahan. Padahal seperti kita tau, disertasi, tesis, jurnal, proposal, maupun skripsi pasti memiliki tenggat waktu yang terus mengejar.

Akhirnya, Kimung tercetus suatu ide untuk membentuk suatu lembaga riset independen, yang tidak terkait dengan pihak mana pun, dan dapat mengelola dana sendiri. Sehingga bersifat lebih cair dan mengedepankan basis kolaborasi. Hal ini menjadikan kami berperan sebagai konsultan, partner, maupun tim riset yang diperbantukan untuk mengolah data dan lapangan. Lembaga riset yang memiliki visi dan misi untuk membantu memaksimalkan ketertarikan seseorang (atau kelompok) mengenai suatu subjek bahasan agar dapat terolah dengan lebih baik dan terstruktur.

Ahhhhhhh~ Gayung bersambut, saya sepaham dengannya. Maka lahirlah “Meu-Riset: Independent Research on Collaboration” sebagai nama awal lembaga ini. Dibawah nama Meu-Riset, Kimung memulai dengan salah satu cita-citanya untuk menyusun online archive mengenai data-data seniman Indonesia, dan sampai sekarang projek ini masih berstatus: on-going. :)

Status on-going lainnya adalah beberapa riset perorangan, dan jurnal internasional yang akan di-submit tahun ini dan beberapa projek pameran seni. Kami masih belajar, dan sama-sama belajar. Puji syukur, sampai tulisan ini diturunkan, baru ada 1(satu) projek riset yang telah diselesaikan, dan 2(dua) proposal submitted, dan akan semakin bertambah dan bertambah kedepannya!

Baru-baru ini kami baru melakukan re-branding (eh,ciehhh), agar lebih relevan dengan situasi yang sudah (sedikit) bergeser dan (kebanyakan) berkembang.

ILLUMINA KULTURA: Research Initiative, demikian kami menyebutnya.

Logo by: Ganjar Gumilar.

                       Logo by: Ganjar Gumilar.

Saat ini tim kami terdiri dari;

Kiki Rizky Soetisna Putri, Maradita Sutantio, Ganjar Gumilar, dan Mardiyyan Zaenudin.

Penulis, periset.

Muda, progresif, dan berbahaya! :D

* * *

PS: Doakan kami, agar makin banyak periset-periset muda yang dapat bergabung dan berkontribusi.

PPS: Doakan kami juga, agar hasil riset, data-data dan hasil analisa kami dapat lebih banyak lagi membantu projek-projek penelitian, pameran, maupun bentuk ‘jenaka’ lainnya.

PPPS: Mau dibantu? ;) Cusssss ah~

Contact person:

Kiki “Kimung”; (kimungmung@gmail.com)

Maradita Sutantio; (maradita.sutantio@gmail.com)

* * *

Advertisements